Langsung ke konten utama

Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pemrograman Bahasa C: Kalkulator Sederhana menggunakan switch case

Mata Pelajaran     : Informatika Elemen                    : Algoritma dan Pemrograman Sekolah                    : SMK SMA MA Kelas                         : 10 TOPIK                     : swtich case | default break Projek                        : Kalkulator sederhana Tugas: Buatlah program kalkulator sederhana dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C untuk operasi penghitungan Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian dan Modulus (selisih bagi) Jawab: // Online C++ compiler to run C++ program online #include <iostream> #include <stdio.h> int main() { // Write C++ code here     std::cout << "Hello SMKN 1 KEPANJEN\n";     int a, b, hasil, pil,modulus;     float c, d, hasilbagi;     printf("====================================\n");     printf("Program Kalkulator Sederhana\n");     printf("====================================\n\n");     printf("\tMenu :\n");     printf("\t1. Penjumlahan\n");     printf(&qu

Mengelola File

Pendahuluan Salah satu ketermpilan yang wajib kita miliki dalam pengoperasian komputer adalah mengelola file. File dalam bahasa Indonesia disebut dengan berkas. File bisa diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan. Ada dua jenis file yang kita kenal, yaitu File fisik dan File Digital. File fisik merupakan kumpulan catatan yang disimpan. File jenis ini menggunakan bahan kertas sebagai media pencatatannya. Sedangkan file digital adalah kumpulan catatan yang dibuat secara digital. File digital disimpan pada storage device yang bisa dibaca menggunakan komputer. Pada tulisan ini akan dibahas tentang pengelolaan file secara digital. Tujuan pengelolaan File adalah:
1. Memudahkan dalam penemuan kembali bila diperlukan 
2. Menghemat ruang pada storage device 
3. Mendistribusikan file untuk fihak-fihak yang membutuhkan 
4. Melindungi file dari resiko rusak akibat terserang virus 
5. Melindungi file dari resiko kerusakan storage device 
6. Melindungi informasi yang ada di dalamnya 
7. Membuang file yang sudah tidak diperlukan. 
Storage Device Storage device adalah alat yang digunakan untuk penyimpanan File. Storage device yang lazim digunakan hingga saat ini meliputi: 
1. Harddisk 
2. External Hardisk
3. Flash disk 
4. Memory Card 
5. CD / DVD 
6. Disket 
7. Cloud.
7. Virtual Drive
 Drive adalah nama logika dari setiap storage device yang terpasang pada komputer. Masing-masing drive diberi nama menggunakan abjad mulai dari A s.d. Z. Secara default drive A digunakan untuk disket, drive C untuk harddisk. Sedang untuk storage device berikutnya akan di beri nama drive D, E, F dan seterusnya hingga Z 
Pekerjaan mengelola file : 
1. Melihat, mencari, menemukan nama file 
2. Mengelompokkan file-file yang sejenis 
3. Memindahkan 
4. Menyalin, menggandakan sesuai kebutuhan 
5. Menghapus file-file yang tidak diperlukan 
6. Mengganti nama 
7. Mengubah format 
8. Kompresi data / Mengecilkan ukuran
9. Mengirim ke pihak-pihak yang membutuhkan 
10. Membuat cadangan /Backup
11. Memproteksi / Melindungi file 
12. Menghilangkan mencegah terjangkit virus 
13. Mengubat atribut 
14. Split file (memecah file)
15. Menggabung file
16. Recavery Data
17. Perbaikan File
Software yang diperlukan:
Untuk menangani pengelolaan file, kita bisa menggunakan software-software aplikasi seperti berikut ini: 
1. Windows Explorer 
2. Winzip / Winrar 
3. Adobe Destiler 
4. Command prompt /Dos Command
5. PDF Converter
6. OCR
7. Document Scanner
Struktur nama file Nama file terdiri dari dua bagian, yaitu nama file dan extensi. Nama file biasanya menggunakan kata tangkap dari isi file yang bersangkutan. Sedangkan ekstensi merupakan nama perluasan yang biasanya berada dibelakang nama file. Ekstensi merupakan type dari file yang bersangkutan. Contoh nama file dataku.doc --> "dataku" adalah nama file dan "doc" adalah ekstensi nama file dan ekstensi dipisah dengan tanda titik. Type-type file .doc --> file dokumen dibuat menggunakan Microsoft Word .xls --> file lembar sebar dan dibuat menggunakan Microsoft Excel .ppt --> file presentasi dibuat menggunakan Microsoft Power Point .mdb --> file database dan dibuat menggunakan Microsoft Acces .txt --> file teks dan dibuat menggunakan Notepad .mp3 --> file lagu berjenis mp3 .jpg --> file gambar .pdf --> file pdf (portable data format) dan lain-lain Mengelola file basis text

Komentar

Semua

SIMDIG: Merancang dokumen tahap pra-produksi

VISUALISASI KONSEP A.     Pengatar Visualisasi Konsep Manusia memiliki naluri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk visual. Sejarah telah membuktikan bahwa manusia lebih dahulu mengenal simbol atau gambar untuk mengomunikasikan gagasan kepada orang lain. Hal ini membukti-kan bahwa manusia merupakan makhluk yang akan lebih cepat mencerna makna melalui rangsangan visual daripada tulisan. Penyampaian idé secara visual meliputi visualisasi 2D dan visualisasi 3D. Bentuk informasi 2D yang statis (tidak bergerak) disebut dengan infografik, sedangkan yang dinamis (bergerak) berbentuk animasi teks dan gambar disebut motion graphic . Perkembangan teknologi saat ini telah mengubah cara menyampaikan gagasan visual menjadi sangat menarik. Sebagai contoh adalah visualisasi video iklan dengan teknik animasi. B.     Meneroka Visualisasi Animasi 3D merupakan teknik yang populer untuk memvisualkan gagasan atau informasi lainya. Pada umumnya animasi 3D dibuat untuk membuat film animasi c

Komunikasi Dalam Jaringan

Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi mengguna kan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork , atau Internet. Munculnya world wide web pada tahun 1990-an membuka ruang komunikasi daring yang lebih luas kepada pengguna internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif

SIMDIG: Kelas Maya

Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya ( cyber class ) merupakan sebuah upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah menggantikan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan bersama guru di kelas, tetapi dengan memanfaatkan kelas maya akan mendapatkan tambahan atau pengayaan ( enrichment ) materi yang akan melengkapi pembelajaran konvensional. Dengan model pembelajaran seperti ini, akan didorong untuk lebih aktif dan kreatif. Aktif dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya diharapkan untuk mencari, membaca, dan memahami materi dari berbagai sumber belajar digital, disamping untuk menyimpulkan, mencipta, dan berbagi baik pengetahuan yang telah didapatkan maupun hasil karya yang telah dibuat kepada kawan-kawan. Selain itu, berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok secara virtual juga diharapkan untuk dilakukan. E-learning Dalam pembelajaran, teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas